Luvina Almaira Arindy 8B 22

 

  1. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut! Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).

  2. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat. menurut saya. siswa atau peserta didik mungkin dapat memaami konsep informatika tetapi terbatas jika tidak menggunakan komputernya secara langsung

  3. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika! Informatika didasari berpikir komputasional, informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain, Pembelajaran informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, Pembelajaran kelas VII ini untuk pendalaman konsep informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan profil pelajar pancasila

  4. Coba kalian tuliskan belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet! belajar informatika tanpa komputer bisa dilakukan dengan membaca buku fisik yang sudah dibeli dan mengerjakan soal soal yang berhubungan dengan TIK

  5. Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, Sebutkan keenam dimensi tersebut! beriman dan bertaqwa kepada tuahn YME. berakhlak mulia, mandiri. gotong royong, berkibhinekaan global, bernalar kritis. dan kreatif

  6. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? iya

  7. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok? membuat presentasi tentang suatu bab di kelas 7 tanggal 1 augustus

  8. Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? kayaknya iya

  9. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!Microsoft Word, Excel, Gmail, Canva

  10. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? membuat rangkuman jaringan komputer, menjawab soal essay, membuat resume tentang TIK,  menceritakan pengalaman bermain game, menjawab pertanyaan tentang map dan TIK, menjawab pertanyaan tentang TIK 

  11. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!  








  12. Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri! 



  13. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Berpikir komputasional karena sangat berguna

  14. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-sehari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari ? menggunakan google maps untuk taksi

  15.  Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat! 



  16. Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu? 3 bungkus gula pasir, tersisa 10 ribu rupiah

  17. Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A à B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3.  menurut saya jawabannya adalah A

  18. Buatlah gambar irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak! 



  19. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng! didihkan air sampai blubuk blubuk, masukan mie, biarkan mie sampai matang, campur bumbu mie di mangkok, angkat mie yang sudah matang, masukan mie ke mangkok, aduk mie dengan bumbu, makan
  20. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7! 
     https://www.canva.com/design/DAFKg19Bdhc/SO1iLwqVh6znsQOK06kt3Q/view?utm_content=DAFKg19Bdhc&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

Comments

Popular posts from this blog